25 Tanya Jawab Seputar Privasi dan Keamanan Akun Whatsapp Update

Berikut ini saya mau share untuk anda 25 Tanya Jawab Seputar Privasi dan Keamanan Akun Whatsapp Update yang saya copas dari sumber situs whatsapp dan saya translate pake google translate. Siapa tahu ada yang mau memanfaatkan dan membacanya.

25 Tanya Jawab Seputar Privasi dan Keamanan Akun Whatsapp Update

Berikut ini total ada 25 Tanya Jawab Seputar Privasi dan Keamanan Akun Whatsapp Update. Jangan lupa baca juga 17 Tanya Jawab Seputar Privasi & Keamanan Whatsapp Part 2 dalam link dibawah ini.

https://databasegrupwa.blogspot.com/2021/03/17-tanya-jawab-seputar-privasi-keamanan.html

Nah langsung saja baca 25 Tanya Jawab Seputar Privasi dan Keamanan Akun Whatsapp Update ini ya? Semoga bermanfaat.

18 Cara mengubah pengaturan privasi grup

Di Android, iPhone, dan KaiOS, Anda dapat memutuskan siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup dengan menyesuaikan Pengaturan WhatsApp Anda.

Catatan: Perubahan pada pengaturan privasi grup tidak dapat dilakukan di WhatsApp Web atau Desktop, tetapi pengaturan dari ponsel Anda akan disinkronkan dengan WhatsApp Web dan Desktop.

Ubah pengaturan privasi grup

  • Buka Pengaturan WhatsApp:

Android: Ketuk Opsi lainnya> Setelan> Akun> Privasi> Grup.

iPhone: Ketuk Pengaturan> Akun> Privasi> Grup.

KaiOS: Tekan Opsi> Pengaturan> Akun> Privasi> Grup.

  • Pilih salah satu opsi berikut:

Semua Orang: Semua orang, termasuk orang di luar kontak buku alamat ponsel Anda, dapat menambahkan Anda ke grup tanpa persetujuan Anda.

Kontak Saya: Hanya kontak di buku alamat telepon Anda yang dapat menambahkan Anda ke grup tanpa persetujuan Anda. Jika admin grup yang tidak ada di buku alamat telepon Anda mencoba menambahkan Anda ke grup, mereka akan mendapatkan munculan yang mengatakan mereka tidak dapat menambahkan Anda dan akan diminta untuk mengetuk Undang ke Grup atau tekan Lanjutkan, diikuti dengan kirim tombol, untuk mengirim undangan grup pribadi melalui obrolan individu. Anda akan memiliki tiga hari untuk menerima undangan sebelum kedaluwarsa.

Kontak Saya Kecuali ...: Hanya kontak di buku alamat ponsel Anda, kecuali yang Anda kecualikan, yang dapat menambahkan Anda ke grup tanpa persetujuan Anda. Setelah memilih Kontak Saya Kecuali… Anda dapat mencari atau memilih kontak untuk dikecualikan. Jika admin grup yang Anda kecualikan mencoba menambahkan Anda ke grup, mereka akan mendapatkan munculan yang mengatakan mereka tidak dapat menambahkan Anda dan akan diminta untuk mengetuk Undang ke Grup diikuti oleh tombol kirim untuk mengirim undangan grup pribadi melalui obrolan individu. Anda akan memiliki tiga hari untuk menerima undangan sebelum kedaluwarsa.

  • Jika diminta, ketuk SELESAI atau tekan OK.

AAAAAA


19 Bagaimana cara mengubah pengaturan privasi Anda

Secara default, WhatsApp menetapkan pengaturan privasi Anda untuk mengizinkan:

  • Setiap pengguna untuk melihat terakhir dilihat, foto profil, tentang informasi, dan tanda terima telah dibaca
  • Kontak Anda untuk melihat pembaruan status Anda
  • Setiap pengguna menambahkan Anda ke grup

Ubah pengaturan privasi

Di:

  • Android: Ketuk Opsi lainnya> Setelan> Akun> Privasi.
  • iPhone: Ketuk Pengaturan> Akun> Privasi.
  • KaiOS: Tekan Opsi> Pengaturan> Akun> Privasi.

Anda dapat mengubah siapa yang dapat:

  • Lihat Last Seen Anda
  • Lihat Foto Profil Anda
  • Lihat informasi Tentang Anda
  • Lihat pembaruan Status Anda
  • Lihat Tanda Terima Baca
  • Tambahkan Anda ke Grup

catatan:

  • Jika Anda tidak membagikan tampilan terakhir Anda, Anda tidak akan dapat melihat tampilan terakhir pengguna lain.
  • Jika Anda menonaktifkan tanda dibaca, Anda tidak akan dapat melihat tanda dibaca dari pengguna lain. Tanda terima telah dibaca selalu dikirim untuk obrolan grup.
  • Jika kontak menonaktifkan tanda dibaca, Anda tidak akan dapat melihat apakah mereka telah melihat pembaruan status Anda.
  • Tidak ada cara untuk mengubah Anda dapat melihat saat Anda sedang online atau mengetik ....


20 Penggunaan pesan otomatis atau massal yang tidak sah di WhatsApp

WhatsApp adalah platform perpesanan pribadi yang awalnya dibuat untuk membantu orang mengirim pesan kepada teman dan orang yang mereka cintai. Seiring waktu kami telah melihat bagaimana orang-orang menghargai perpesanan dengan bisnis, jadi kami telah membangun dua alat – aplikasi WhatsApp Business dan WhatsApp Business API – untuk membantu perusahaan mengelola interaksi pelanggan. Produk kami tidak ditujukan untuk pengiriman pesan massal atau otomatis, yang keduanya selalu merupakan pelanggaran Persyaratan Layanan kami.

Kami berkomitmen untuk memperkuat sifat pribadi platform kami dan menjaga keamanan pengguna dari penyalahgunaan. Kami baru-baru ini merinci kemampuan di platform kami untuk mengidentifikasi dan memblokir akun di buku putih ini. Kami menyadari bahwa beberapa perusahaan berusaha menghindari sistem pembelajaran mesin kami, bahkan saat kami bekerja tanpa lelah untuk memperbaikinya. Dengan menggunakan informasi di platform yang tersedia dalam WhatsApp, kami telah menemukan dan menghentikan jutaan akun yang melanggar agar tidak beroperasi di layanan kami.

Ini adalah tantangan yang memerlukan pendekatan holistik dan WhatsApp berkomitmen untuk menggunakan sumber daya yang dimilikinya - termasuk tindakan hukum - untuk mencegah penyalahgunaan yang melanggar Persyaratan Layanan kami, seperti pengiriman pesan otomatis atau massal, atau penggunaan non-pribadi. Inilah sebabnya selain penegakan teknologi, kami juga mengambil tindakan hukum terhadap individu atau perusahaan yang kami tautkan ke bukti di platform dari penyalahgunaan tersebut. WhatsApp berhak untuk terus mengambil tindakan hukum dalam keadaan seperti itu.

Selain itu, mulai 7 Desember 2019, WhatsApp akan mengambil tindakan hukum terhadap mereka yang kami tentukan terlibat atau membantu orang lain dalam penyalahgunaan yang melanggar Persyaratan Layanan kami, seperti pengiriman pesan otomatis atau massal, atau penggunaan non-pribadi, meskipun itu penentuan didasarkan pada informasi yang hanya tersedia bagi kami di luar platform kami. Misalnya, informasi di luar platform termasuk klaim publik dari perusahaan tentang kemampuan mereka untuk menggunakan WhatsApp dengan cara yang melanggar Ketentuan kami. Ini berfungsi sebagai pemberitahuan bahwa kami akan mengambil tindakan hukum terhadap perusahaan yang kami hanya memiliki bukti pelanggaran di luar platform jika penyalahgunaan tersebut berlanjut setelah 7 Desember 2019, atau jika perusahaan tersebut ditautkan ke bukti pelanggaran di platform sebelum tanggal tersebut.

Tidak ada dalam pengumuman ini yang membatasi hak WhatsApp untuk menegakkan Ketentuannya menggunakan teknologi, seperti melarang akun berdasarkan pengklasifikasi pembelajaran mesin, dan WhatsApp akan terus melakukannya.

Kami akan terus memberikan kemampuan untuk membantu bisnis berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kemampuan ini, kunjungi aplikasi WhatsApp Business dan halaman WhatsApp Business API.

AAAAAA


21 Melindungi pengguna kami dari serangan cyber panggilan video

Pada Mei 2019, kami menghentikan serangan dunia maya yang sangat canggih yang mengeksploitasi sistem panggilan video kami untuk mengirim malware ke perangkat seluler sejumlah pengguna WhatsApp. Sifat serangan tidak mengharuskan pengguna yang ditargetkan untuk menjawab panggilan yang mereka terima. Kami dengan cepat menambahkan perlindungan baru ke sistem kami dan mengeluarkan pembaruan ke WhatsApp untuk membantu menjaga keamanan orang-orang. Kami sekarang mengambil tindakan tambahan, berdasarkan apa yang telah kami pelajari hingga saat ini.

Kami mengirim pesan WhatsApp khusus kepada sekitar 1.400 pengguna yang kami yakini terkena dampak serangan ini untuk memberi tahu mereka secara langsung tentang apa yang terjadi. Pakar keamanan dunia maya di Citizen Lab, sebuah kelompok penelitian akademis yang berbasis di Sekolah Munk Universitas Toronto, secara sukarela membantu kami mempelajari lebih lanjut tentang dampak serangan ini terhadap masyarakat sipil, termasuk jurnalis dan pembela hak asasi manusia. Lab Warga telah menerbitkan informasi terkait serangan khusus ini di sini dan tetap tersedia untuk memberikan dukungan kepada komunitas ini.

WhatsApp sangat peduli dengan privasi dan keamanan pengguna kami. Beberapa momen paling pribadi Anda dibagikan di WhatsApp, itulah sebabnya kami membangun enkripsi ujung ke ujung ke dalam aplikasi kami. Serangan ini dikembangkan untuk mengakses pesan setelah didekripsi pada perangkat yang terinfeksi, menyalahgunakan kerentanan dalam aplikasi dan sistem operasi yang memberi daya pada ponsel kita.

Kami setuju dengan Pelapor Khusus PBB untuk Kebebasan Berekspresi seruan David Kaye untuk moratorium serangan ini. Harus ada pengawasan hukum yang kuat terhadap senjata siber seperti yang digunakan dalam serangan ini untuk memastikan bahwa senjata tersebut tidak digunakan untuk melanggar hak dan kebebasan individu yang layak didapatkan di mana pun mereka berada di dunia. Kelompok hak asasi manusia telah mendokumentasikan kecenderungan yang mengganggu bahwa alat semacam itu telah digunakan untuk menyerang jurnalis dan pembela hak asasi manusia. Bekerja sama dengan para ahli penelitian di Citizen Lab, kami yakin serangan ini menargetkan setidaknya 100 anggota masyarakat sipil, yang merupakan pola pelecehan yang tidak salah lagi. Jumlah ini mungkin bertambah tinggi dengan semakin banyaknya korban yang melapor. Kami berkomitmen untuk melakukan semua yang kami bisa, bekerja dengan mitra industri, untuk melindungi pengguna kami dan menjaga dari jenis ancaman ini.

WhatsApp juga telah mengajukan keluhan di pengadilan AS yang mengaitkan serangan itu dengan perusahaan spyware bernama NSO Group dan perusahaan induknya Q Cyber ​​Technologies. Keluhan tersebut menuduh mereka melanggar hukum AS dan California serta Persyaratan Layanan WhatsApp, yang melarang jenis penyalahgunaan ini. Ini adalah pertama kalinya penyedia pesan terenkripsi mengambil tindakan hukum terhadap entitas pribadi yang melakukan jenis serangan ini terhadap penggunanya. Dalam keluhan kami, kami menjelaskan bagaimana NSO melakukan serangan ini, termasuk pengakuan dari karyawan NSO bahwa langkah kami untuk memulihkan serangan tersebut efektif. Kami sedang mencari perintah permanen yang melarang NSO menggunakan layanan kami.

Jika Anda menerima pesan dari kami dan memiliki pertanyaan tambahan tentang kejadian ini, Anda dapat mengirim pesan ke tim WhatsApp secara langsung dan aman dengan membuka Pengaturan WhatsApp> Bantuan> Hubungi Kami.


22 Tentang pengaturan akun untuk akun WhatsApp Business yang ditautkan ke Halaman Facebook

Tidak seperti WhatsApp Business, Halaman Facebook mungkin memiliki beberapa editor atau admin. Semua penulis dengan hak istimewa untuk mengedit informasi bisnis Halaman Facebook akan dapat memperbarui profil bisnis di aplikasi WhatsApp Business.

Namun, perubahan yang dibuat pada aplikasi WhatsApp Business tidak akan terlihat di Halaman Facebook, meskipun akun-akun tersebut ditautkan.


23 Pesan tipuan/ HOAX

Anda mungkin telah menerima spam dari pihak ketiga yang tidak sah dan bukan WhatsApp.

Kami bekerja dengan rajin untuk mengurangi pesan spam yang masuk melalui sistem kami. Menciptakan ruang yang aman bagi pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain adalah prioritas. Namun, seperti halnya SMS atau panggilan telepon biasa, pengguna WhatsApp lain yang memiliki nomor telepon Anda dapat menghubungi Anda. Karenanya, kami ingin membantu Anda mengidentifikasi dan menangani pesan-pesan ini.

Pesan yang tidak diinginkan dari pihak ketiga yang tidak sah datang dalam berbagai bentuk, seperti pesan spam, hoax, dan phishing. Semua jenis pesan ini secara luas didefinisikan sebagai pesan yang tidak diminta dari pihak ketiga yang tidak berwenang yang mencoba menipu Anda dan mendorong Anda untuk bertindak dengan cara tertentu.

Anda mungkin menjadi target skema penipuan jika salah satu dari berikut ini menggambarkan pesan yang Anda terima, melalui WhatsApp atau email:

  • Pengirim mengklaim berafiliasi dengan WhatsApp.
  • Isi pesan termasuk instruksi untuk meneruskan pesan.
  • Pesan tersebut mengklaim Anda dapat menghindari hukuman, seperti penangguhan akun, jika Anda meneruskan pesan tersebut.
  • Isi pesan termasuk reward atau hadiah dari WhatsApp atau orang lain.

Apa yang harus saya lakukan jika saya menerima pesan ini?

Kami selalu menyarankan Anda untuk memblokir pengirim, mengabaikan pesan dan menghapusnya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemblokiran, silakan baca artikel ini. Untuk menghindari kontak Anda dengan potensi bahaya, mohon jangan pernah meneruskan pesan ini kepada mereka.

AAAAAA


24 Pemberitahuan Perubahan Kode Keamanan

Obrolan terenkripsi ujung ke ujung memiliki kode keamanannya sendiri yang digunakan untuk memverifikasi bahwa panggilan dan pesan yang Anda kirim ke obrolan tersebut dienkripsi secara ujung ke ujung. Kode ini dapat ditemukan di layar info kontak, baik sebagai kode QR maupun nomor 60 digit. Kode-kode ini unik untuk setiap obrolan dan dapat dibandingkan di antara orang-orang di setiap obrolan untuk memverifikasi bahwa pesan yang Anda kirim ke obrolan dienkripsi secara end-to-end. Kode keamanan hanyalah versi terlihat dari kunci khusus yang dibagikan di antara Anda - dan jangan khawatir, ini bukan kunci sebenarnya, yang selalu dirahasiakan.

Terkadang, kode keamanan yang digunakan dalam enkripsi ujung ke ujung mungkin berubah. Ini dapat terjadi karena Anda atau kontak Anda memasang ulang WhatsApp atau berganti telepon.

Untuk menerima pemberitahuan ketika kode keamanan berubah:

  • Buka Pengaturan WhatsApp.
  • Ketuk Akun> Keamanan.
  • Dari sini, Anda dapat mengaktifkan pemberitahuan keamanan dengan mengetuk Tampilkan Pemberitahuan Keamanan.

Catatan: Fitur ini hanya tersedia untuk kontak dalam obrolan terenkripsi ujung ke ujung.

Anda selalu dapat memverifikasi bahwa kode keamanan kontak adalah sah. Pelajari caranya di artikel tentang enkripsi ujung-ke-ujung ini.


25 Tentang enkripsi ujung ke ujung/ end to end encryption

Privasi dan keamanan ada dalam DNA kami, itulah sebabnya kami membangun enkripsi ujung ke ujung ke dalam aplikasi kami. Ketika terenkripsi ujung-ke-ujung, pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status, dan panggilan Anda dijamin tidak jatuh ke tangan yang salah.

Pesan Pribadi

Enkripsi ujung-ke-ujung WhatsApp digunakan saat Anda mengobrol dengan orang lain menggunakan WhatsApp Messenger. Enkripsi ujung-ke-ujung memastikan hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda yang dapat membaca atau mendengarkan apa yang dikirim, dan tidak ada orang di antaranya, bahkan WhatsApp. Ini karena dengan enkripsi ujung ke ujung, pesan Anda diamankan dengan kunci, dan hanya penerima dan Anda memiliki kunci khusus yang diperlukan untuk membuka dan membacanya. Semua ini terjadi secara otomatis: tidak perlu mengaktifkan setelan khusus apa pun untuk mengamankan pesan Anda.

Perpesanan Bisnis

Setiap pesan WhatsApp dilindungi oleh protokol enkripsi Signal yang sama yang mengamankan pesan sebelum mereka meninggalkan perangkat Anda. Saat Anda mengirim pesan ke akun bisnis WhatsApp, pesan Anda dikirim dengan aman ke tujuan yang dipilih oleh bisnis tersebut.

WhatsApp menganggap obrolan dengan bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business atau mengelola dan menyimpan pesan pelanggan itu sendiri untuk dienkripsi ujung-ke-ujung. Setelah pesan diterima, pesan tersebut tunduk pada praktik privasi bisnis itu sendiri. Bisnis mungkin menunjuk sejumlah karyawan, atau bahkan vendor lain, untuk memproses dan menanggapi pesan tersebut.

Beberapa bisnis1 akan dapat memilih perusahaan induk WhatsApp, Facebook, untuk menyimpan pesan dengan aman dan menanggapi pelanggan. Meskipun Facebook tidak akan secara otomatis menggunakan pesan Anda untuk menginformasikan iklan yang Anda lihat, bisnis akan dapat menggunakan obrolan yang mereka terima untuk tujuan pemasaran mereka sendiri, yang mungkin termasuk iklan di Facebook. Anda selalu dapat menghubungi bisnis tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang praktik privasinya.

Catatan: Status enkripsi dari obrolan terenkripsi ujung ke ujung tidak dapat berubah tanpa perubahan terlihat oleh pengguna. Untuk informasi lebih lanjut tentang obrolan mana yang dienkripsi ujung-ke-ujung, silakan baca buku putih kami.

Pembayaran

Pembayaran di WhatsApp, yang tersedia di negara tertentu, memungkinkan transfer antar akun di lembaga keuangan. Nomor kartu dan bank disimpan dengan terenkripsi dan dalam jaringan yang sangat aman. Namun, karena lembaga keuangan tidak dapat memproses transaksi tanpa menerima informasi terkait pembayaran ini, pembayaran ini tidak dienkripsi secara menyeluruh.

Apa itu layar "Verifikasi Kode Keamanan" di layar info kontak?

Obrolan terenkripsi ujung ke ujung memiliki kode keamanannya sendiri yang digunakan untuk memverifikasi bahwa panggilan dan pesan yang Anda kirim ke obrolan tersebut dienkripsi secara ujung ke ujung.

Catatan: Proses verifikasi adalah opsional untuk obrolan terenkripsi ujung ke ujung, dan hanya digunakan untuk mengonfirmasi bahwa pesan dan panggilan yang Anda kirim dienkripsi ujung ke ujung.

Kode ini dapat ditemukan di layar info kontak, baik sebagai kode QR maupun nomor 60 digit. Kode-kode ini unik untuk setiap obrolan dan dapat dibandingkan di antara orang-orang di setiap obrolan untuk memverifikasi bahwa pesan yang Anda kirim ke obrolan dienkripsi secara end-to-end. Kode keamanan hanyalah versi terlihat dari kunci khusus yang dibagikan di antara Anda - dan jangan khawatir, ini bukan kunci sebenarnya, yang selalu dirahasiakan.

Untuk memverifikasi bahwa obrolan dienkripsi ujung-ke-ujung:

  • Buka obrolan.
  • Ketuk nama kontak untuk membuka layar info kontak.
  • Ketuk Enkripsi untuk melihat kode QR dan nomor 60 digit.

Catatan: Fitur ini hanya tersedia untuk kontak dalam obrolan terenkripsi ujung ke ujung.

Jika Anda dan kontak Anda secara fisik bersebelahan, salah satu dari Anda dapat memindai kode QR orang lain atau membandingkan 60 digit nomor secara visual. Jika Anda memindai kode QR, dan kodenya memang sama, tanda centang hijau akan muncul. Karena mereka cocok, Anda dapat yakin tidak ada yang mencegat pesan atau panggilan Anda.

Jika kodenya tidak cocok, kemungkinan Anda memindai kode kontak yang berbeda, atau nomor telepon yang berbeda. Jika kontak Anda baru-baru ini menginstal ulang WhatsApp atau mengganti ponsel, kami sarankan Anda menyegarkan kode dengan mengirim pesan baru kepada mereka dan kemudian memindai kode tersebut. Pelajari lebih lanjut tentang perubahan kode keamanan di artikel ini.

Jika Anda dan kontak Anda tidak dekat secara fisik, Anda dapat mengirimkan nomor 60 digit kepada mereka. Beri tahu kontak Anda bahwa setelah menerima kode Anda, mereka harus mencatatnya dan kemudian membandingkannya secara visual dengan nomor 60 digit yang muncul di layar info kontak di bawah Enkripsi. Untuk Android dan iPhone, Anda dapat menggunakan tombol Bagikan dari layar Verifikasi Kode Keamanan untuk mengirim 60 digit nomor melalui SMS, email, dll.

Mengapa WhatsApp menawarkan enkripsi ujung-ke-ujung dan apa artinya menjaga keamanan orang-orang?

Keamanan sangat penting untuk layanan yang disediakan WhatsApp. Kami telah melihat banyak contoh di mana peretas kriminal secara ilegal memperoleh sejumlah besar data pribadi dan menyalahgunakan teknologi untuk menyakiti orang dengan informasi yang dicuri. Sejak menyelesaikan implementasi enkripsi ujung-ke-ujung pada tahun 2016, keamanan digital menjadi semakin penting.

WhatsApp tidak memiliki kemampuan untuk melihat konten pesan atau mendengarkan panggilan yang dienkripsi secara end-to-end. Itu karena enkripsi dan dekripsi pesan yang dikirim dan diterima di WhatsApp terjadi sepenuhnya di perangkat Anda


Sumber:

https://faq.whatsapp.com/general/

Google

dll

Demikian 25 Tanya Jawab Seputar Privasi dan Keamanan Akun Whatsapp Update dari sumber situs whatsapp. Share 25 Tanya Jawab Seputar Privasi dan Keamanan Akun Whatsapp Update ini ke teman anda ya?

Sukses



No comments:

Post a Comment