17 Tanya Jawab Seputar Privasi & Keamanan Whatsapp Part 2

Berikut ini saya share tentang 17 Tanya Jawab Seputar Privasi & Keamanan Whatsapp Part 2 dari sumber situs whatsapp faq. Silahkan dibaca siapa tahu bermanfaat dan ada yang butuhkan. Semoga bermanfaat. Share ya?


17 Tanya Jawab Seputar Privasi & Keamanan Whatsapp Part 2

Langsung saja ijin copas dari situs whatsapp tentang 17 Tanya Jawab Seputar Privasi & Keamanan Whatsapp Part 2. Jangan lupa baca part 1 juga ya?

Untuk membaca part 1 ada di link dibawah ini.

9 Tanya Jawab Tentang Keamanan & Privasi Whatsapp Terbaru

https://databasegrupwa.blogspot.com/2021/02/9-tanya-jawab-tentang-keamanan-privasi.html


10 Privasi dan keamanan untuk pesan bisnis

Perpesanan Bisnis

Setiap pesan WhatsApp dilindungi oleh protokol enkripsi Signal yang sama yang mengamankan pesan sebelum mereka meninggalkan perangkat Anda. Saat Anda mengirim pesan ke akun bisnis WhatsApp, pesan Anda dikirim dengan aman ke tujuan yang dipilih oleh bisnis tersebut.

WhatsApp menganggap obrolan dengan bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business atau mengelola dan menyimpan pesan pelanggan itu sendiri untuk dienkripsi ujung-ke-ujung. Setelah pesan diterima, pesan tersebut tunduk pada praktik privasi bisnis itu sendiri. Bisnis mungkin menunjuk sejumlah karyawan, atau bahkan vendor lain, untuk memproses dan menanggapi pesan tersebut.

Beberapa bisnis1 akan dapat memilih perusahaan induk WhatsApp, Facebook, untuk menyimpan pesan dengan aman dan menanggapi pelanggan. Meskipun Facebook tidak akan secara otomatis menggunakan pesan Anda untuk menginformasikan iklan yang Anda lihat, bisnis akan dapat menggunakan obrolan yang mereka terima untuk tujuan pemasaran mereka sendiri, yang mungkin termasuk iklan di Facebook. Anda selalu dapat menghubungi bisnis tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang praktik privasinya.

Catatan: Status enkripsi dari obrolan terenkripsi ujung ke ujung tidak dapat berubah tanpa perubahan terlihat oleh pengguna. Untuk informasi lebih lanjut tentang obrolan mana yang dienkripsi ujung-ke-ujung, silakan baca buku putih kami.

Pembayaran di WhatsApp, yang tersedia di negara tertentu, memungkinkan transfer antar akun di lembaga keuangan. Nomor kartu dan bank disimpan dengan terenkripsi dan dalam jaringan yang sangat aman. Namun, karena lembaga keuangan tidak dapat memproses transaksi tanpa menerima informasi terkait pembayaran ini, pembayaran ini tidak dienkripsi secara menyeluruh.

Anda memegang kendali

WhatsApp ingin memastikan Anda tahu apa yang terjadi dengan pesan Anda. Jika Anda tidak ingin menerima pesan dari seseorang atau bisnis, Anda selalu dapat memblokirnya langsung dari obrolan atau menghapusnya dari daftar kontak Anda. Kami ingin memastikan Anda memahami bagaimana pesan Anda ditangani dan memiliki opsi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat untuk Anda.

AAAAAA


11 Informasi apa yang dibagikan WhatsApp dengan Perusahaan Facebook?

WhatsApp saat ini membagikan kategori informasi tertentu dengan Perusahaan Facebook. Informasi yang kami bagikan dengan Perusahaan Facebook lainnya termasuk informasi pendaftaran akun Anda (seperti nomor telepon Anda), data transaksi (misalnya, jika Anda menggunakan Facebook Pay atau Toko di WhatsApp), informasi terkait layanan, informasi tentang cara Anda berinteraksi dengan bisnis saat menggunakan Layanan kami, informasi perangkat seluler, alamat IP Anda, dan dapat menyertakan informasi lain yang diidentifikasi di bagian Kebijakan Privasi berjudul 'Informasi yang Kami Kumpulkan' atau diperoleh dengan pemberitahuan kepada Anda atau berdasarkan persetujuan Anda.

Kami membatasi informasi yang kami bagikan dengan Facebook dengan cara-cara penting. Misalnya, kami akan selalu melindungi percakapan pribadi Anda dengan enkripsi ujung ke ujung, sehingga baik WhatsApp maupun Facebook tidak dapat melihat pesan pribadi ini. 

Kami tidak menyimpan log tentang siapa yang mengirim pesan atau menelepon semua orang dan tidak dapat melihat lokasi yang Anda bagikan, sehingga kami tidak dapat dan tidak membagikan ini dengan Facebook. Kami membutuhkan kontak Anda untuk menyediakan layanan, tetapi tidak membagikan kontak Anda dengan Facebook. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang beberapa batasan ini di sini.


12 Bagaimana data Anda digunakan dengan Facebook Shops?

Catatan: Fitur ini mungkin belum tersedia untuk Anda.

Toko adalah cara untuk melihat-lihat koleksi dan produk dari pedagang di Facebook. Untuk membuat pengalaman produk lebih sederhana, kami telah membuat cara yang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk melihat dan mengirim pesan ke Toko-toko ini di layanan kami tanpa hambatan.

Sebagai produk Facebook, Toko memungkinkan penjual menyesuaikan penawaran mereka berdasarkan aktivitas belanja pengguna, seperti produk mana yang dilihat dan dibeli pengguna, sehingga mereka dapat membuat rekomendasi produk yang lebih baik. Facebook juga dapat menggunakan data dari interaksi di Toko untuk menampilkan iklan yang lebih relevan kepada pengguna di platform Facebook lainnya, seperti Facebook dan Instagram.

Saat Anda menggunakan Toko Facebook di WhatsApp, kami mengumpulkan dan berbagi informasi dengan Facebook tentang aktivitas belanja Anda, seperti produk yang Anda lihat dan beli. Ini berarti pengalaman penelusuran dan pembelian produk Anda di dalam Toko dapat memengaruhi apa yang Anda lihat di Toko dan produk Facebook lainnya. Misalnya, jika Anda menelusuri koleksi sepeda di Toko, Anda mungkin melihat lebih banyak konten (termasuk iklan) tentang sepeda di Facebook. Selain itu, jika Anda melakukan pembelian, Facebook dan pedagang tersebut dapat meminta detail lebih lanjut yang diperlukan untuk memproses pembayaran dan pesanan Anda.

Meskipun kami membagikan aktivitas Anda di Toko, kami mengambil tindakan untuk membatasi berbagi informasi dan tidak membagikan kontak atau informasi grup Anda. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang enkripsi ujung-ke-ujung di sini dan perpesanan bisnis di sini. Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagi informasi dengan Facebook, termasuk penyisihan apa pun, klik di sini.

Seperti yang selalu terjadi saat berkomunikasi dengan bisnis di WhatsApp, bisnis Toko yang Anda ajak ngobrol akan dapat menggunakan pesan yang mereka terima untuk iklan mereka sendiri. Anda selalu dapat menghubungi bisnis tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang praktik privasinya.

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana aktivitas Anda di Toko digunakan untuk mempersonalisasi dan meningkatkan produk Toko di Kebijakan Privasi Toko.


13 Usia minimum untuk menggunakan WhatsApp

Jika Anda tinggal di negara di Wilayah Ekonomi Eropa (yang mencakup Uni Eropa), dan negara atau wilayah lain yang disertakan (secara kolektif disebut sebagai Wilayah Eropa), Anda harus berusia minimal 16 tahun (atau usia yang lebih tua diperlukan di negara Anda) untuk mendaftar dan menggunakan WhatsApp.

Jika Anda tinggal di negara lain kecuali di Wilayah Eropa, Anda harus berusia minimal 13 tahun (atau usia lebih tua yang diwajibkan di negara Anda) untuk mendaftar dan menggunakan WhatsApp.

Silakan lihat Persyaratan Layanan kami untuk informasi lebih lanjut.

catatan:
  • Membuat akun dengan informasi palsu adalah pelanggaran terhadap Persyaratan kami.
  • Mendaftarkan akun atas nama seseorang yang di bawah umur juga merupakan pelanggaran terhadap Persyaratan kami.

Melaporkan anak di bawah umur

Jika anak Anda di bawah umur membuat akun WhatsApp, Anda dapat menunjukkan cara menghapus akunnya. Anda dapat mempelajari cara menghapus akun di Pusat Bantuan kami.

Jika Anda ingin melaporkan akun milik seseorang di bawah umur, silakan kirim email kepada kami. Di email Anda, harap berikan dokumentasi berikut dan sunting atau sembunyikan informasi pribadi yang tidak terkait:
  • Bukti kepemilikan nomor WhatsApp (mis., Salinan KTP dan tagihan telepon dengan nama yang sama)
  • Bukti otoritas orang tua (misalnya, salinan akta kelahiran atau adopsi untuk anak di bawah umur)
  • Bukti tanggal lahir anak (misalnya, salinan akta kelahiran atau adopsi untuk anak di bawah umur)

Kami akan segera menonaktifkan akun WhatsApp jika dapat diverifikasi secara wajar bahwa akun tersebut adalah milik anak Anda di bawah umur. Anda tidak akan menerima konfirmasi dari tindakan ini. Kemampuan kami untuk meninjau dan mengambil tindakan yang sesuai pada suatu laporan meningkat secara signifikan dengan kelengkapan informasi yang diminta di atas.

Jika akun anak yang dilaporkan tidak dapat diverifikasi secara wajar sebagai milik pengguna di bawah umur, kami mungkin tidak dapat mengambil tindakan terhadap akun tersebut. Dalam kasus ini, jika Anda bukan orang tua dari anak ini, kami sangat menyarankan agar Anda mendorong orang tua untuk menghubungi kami menggunakan petunjuk di atas.

AAAAAA


14 Kontak di aplikasi WhatsApp Business Anda

GDPR dan kontak di buku alamat perangkat Anda

Jika GDPR berlaku, saat Anda menggunakan aplikasi WhatsApp Business, Anda adalah Pengontrol semua kontak di buku alamat Anda. Sebagai Pengontrol kontak Anda, Anda harus memiliki dasar hukum: kebutuhan kontrak, kepentingan yang sah, persetujuan, atau dasar hukum lain yang sesuai yang dijelaskan dalam Pasal 6 GDPR untuk memproses kontak ini.

Saat Anda memberi WhatsApp akses ke kontak ini, WhatsApp adalah Pemroses data Anda. Kami dengan cepat menentukan apakah Anda dapat mengirim pesan kepada kontak ini di WhatsApp dan mengirimkan pesan Anda ke penerima yang dituju. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Ketentuan Pemrosesan Data WhatsApp Business yang direferensikan dan digabungkan dalam Ketentuan Layanan WhatsApp Business kami.

Mengelola dan mengontrol akses ke buku alamat perangkat Anda

Ada beberapa cara untuk mengontrol kontak mana yang Anda berikan ke WhatsApp. Misalnya, Anda hanya dapat menambahkan kontak yang dasar hukumnya Anda miliki ke buku alamat perangkat Anda. Salah satu manfaat dari pendekatan ini adalah mendorong Anda dan karyawan Anda untuk mempraktikkan kebersihan privasi data yang baik. Memisahkan kontak bisnis dan perangkat bisnis membantu mencegah penyalahgunaan data pelanggan atau perangkat perusahaan untuk penggunaan pribadi (dan sebaliknya).

Jika Anda ingin menyimpan semua kontak bisnis dan pribadi Anda di perangkat yang sama, Anda dapat menyegmentasikan buku alamat Anda dengan menggunakan alat yang memungkinkan Anda menyimpan buku alamat terpisah.


15. Tips untuk membantu mencegah penyebaran rumor dan berita palsu

Pahami kapan pesan diteruskan

Pesan dengan label "Diteruskan" membantu Anda menentukan apakah teman atau kerabat Anda yang menulis pesan atau pesan tersebut berasal dari orang lain. Saat pesan diteruskan dari satu pengguna ke pengguna lain lebih dari lima kali, itu ditunjukkan dengan ikon panah ganda. Jika Anda tidak yakin siapa yang menulis pesan aslinya, periksa kembali faktanya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang meneruskan pesan, silakan baca artikel ini.

Periksa foto dan media dengan hati-hati

Foto, rekaman audio, dan video dapat diedit untuk menyesatkan Anda. Lihat sumber berita tepercaya untuk mengetahui apakah berita tersebut dilaporkan di tempat lain. Jika sebuah cerita dilaporkan di banyak tempat, kemungkinan besar itu adalah kebenaran.

Perhatikan pesan yang terlihat berbeda

Banyak pesan atau tautan situs web yang Anda terima berisi hoax atau berita palsu memiliki kesalahan ejaan. Perhatikan tanda-tanda ini agar Anda dapat memeriksa apakah informasinya akurat. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pesan hoax, baca artikel ini.

Periksa bias Anda

Waspadai informasi yang menegaskan keyakinan Anda yang sudah ada sebelumnya dan tinjau fakta sebelum berbagi informasi. Cerita yang tampaknya sulit dipercaya seringkali tidak benar.

Berita palsu seringkali menjadi viral

Meskipun pesan dibagikan berkali-kali, ini tidak membuatnya menjadi benar. Jangan meneruskan pesan karena pengirim mendesak Anda untuk melakukannya. Jika Anda melihat sesuatu yang palsu, beri tahu orang yang mengirimkannya kepada Anda dan minta mereka untuk memverifikasi informasi sebelum mereka membagikannya. Jika sebuah grup atau kontak terus-menerus mengirimkan berita palsu, laporkan. Untuk mempelajari cara melaporkan kontak atau grup, baca artikel ini.

Verifikasi dengan sumber lain

Jika Anda masih tidak yakin apakah sebuah pesan itu benar, cari fakta di internet dan periksa situs berita tepercaya untuk mengetahui dari mana berita itu berasal. Jika Anda masih ragu, tanyakan pada pemeriksa fakta atau orang yang Anda percayai untuk informasi lebih lanjut.

Penting: Jika Anda merasa bahwa Anda atau orang lain berada dalam bahaya emosional atau fisik, hubungi otoritas penegak hukum setempat. Otoritas penegak hukum setempat diperlengkapi untuk membantu dalam kasus ini.


16 Cara Menggunakan WhatsApp Secara Bertanggung Jawab

WhatsApp dibuat sebagai cara yang sederhana, aman, dan andal untuk mengirim pesan kepada orang lain. Pesan pada dasarnya bersifat pribadi dan Persyaratan Layanan kami dirancang untuk membantu menjaga keamanan platform dan pengguna kami. 

Orang-orang telah meminta bantuan kami untuk memahami cara menggunakan WhatsApp secara bertanggung jawab, jadi kami telah mengembangkan pedoman ini untuk membantu memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang baik di WhatsApp. Semua pengguna WhatsApp, termasuk entitas pemerintah, partai politik, dan calon pejabat, harus mengikuti aturan ini saat menggunakan WhatsApp. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana WhatsApp mencegah penyalahgunaan pesan otomatis dan massal, baca buku putih ini.

Praktik Terbaik Penggunaan WhatsApp

  • Desain komunikasi pribadi: Pengguna harus mengelola akun mereka sendiri untuk obrolan satu lawan satu dan percakapan grup kecil.
  • Dapatkan izin orang: Pesan hanya boleh dikirim ke orang yang telah menghubungi Anda terlebih dahulu atau meminta Anda menghubungi mereka melalui WhatsApp. Sebaiknya berikan nomor telepon Anda kepada orang lain sehingga mereka dapat mengirimi Anda pesan terlebih dahulu. Jika orang memberikan nomor teleponnya, kirim pesan dengan cara yang mereka harapkan. Misalnya, jelaskan siapa Anda, dan bagaimana Anda mendapatkan nomor teleponnya.
  • Hormati pilihan orang: Jika pengguna meminta Anda untuk berhenti mengirim pesan kepada mereka, Anda harus menghapus pengguna tersebut dari buku alamat Anda dan menahan diri untuk tidak menghubungi mereka lagi. Anda harus mendapatkan izin dari orang-orang sebelum Anda menambahkan mereka ke grup. Jika Anda menambahkan seseorang ke grup dan mereka menghapus dirinya sendiri, harap hormati keputusan itu.
  • Gunakan kontrol Grup: Kami telah membuat pengaturan pesan khusus admin untuk grup WhatsApp. Jika Anda adalah admin, Anda dapat memutuskan apakah semua peserta atau hanya admin grup yang dapat mengirim pesan di dalam grup. Menggunakan fitur ini dapat membantu mengurangi pesan yang tidak diinginkan dalam kelompok.
  • Berpikir dua kali sebelum meneruskan: Kami telah membubuhkan label pada semua pesan yang diteruskan untuk mendorong orang agar berpikir sebelum berbagi.

Praktik yang Harus Dihindari

  • Pesan yang tidak diinginkan, otomatis, atau massal: Jangan mencoba mengirim pesan massal, pesan otomatis, atau panggilan otomatis menggunakan WhatsApp. WhatsApp menggunakan teknologi pembelajaran mesin dan laporan dari pengguna untuk mendeteksi dan melarang akun yang mengirimkan pesan yang tidak diinginkan. Ini termasuk menghubungi pengguna secara sistematis dengan cara yang mungkin tidak mereka inginkan. Selain itu, jangan membuat akun atau grup dengan cara yang tidak sah atau otomatis, atau menggunakan WhatsApp versi modifikasi.
  • Gunakan daftar kontak yang bukan milik Anda: Jangan pernah membagikan nomor telepon tanpa persetujuan orang atau menggunakan data yang diperoleh dari sumber terlarang (dengan membeli daftar nomor telepon misalnya) untuk mengirim pesan kepada pengguna di WhatsApp atau menambahkannya ke grup.
  • Daftar siaran yang digunakan secara berlebihan: Pesan yang dikirim menggunakan daftar siaran hanya akan diterima ketika pengguna telah menambahkan nomor telepon Anda ke daftar kontak mereka. Meskipun demikian, penggunaan pesan siaran yang sering dapat membuat orang melaporkan pesan Anda. Kami memblokir akun yang dilaporkan beberapa kali.
  • Melanggar Persyaratan Layanan kami: Sebagai pengingat, Persyaratan Layanan melarang, antara lain, menerbitkan kebohongan dan terlibat dalam perilaku ilegal, mengancam, mengintimidasi, penuh kebencian, dan secara rasial atau etnis. Ketentuan Layanan menjelaskan hubungan kontraktual Anda dengan WhatsApp, dan Ketentuan Layanan diutamakan sejauh ada konflik dengan dokumen ini.


17. Kiat keamanan akun

  • Anda dapat mengamankan akun WhatsApp Anda dengan lebih baik dengan mengikuti tip-tip ini:
  • Jangan pernah membagikan kode registrasi atau PIN verifikasi dua langkah Anda dengan orang lain.
  • Aktifkan verifikasi dua langkah dan berikan alamat email jika Anda lupa PIN Anda.
  • Setel kode perangkat.
  • Ketahuilah siapa yang memiliki akses fisik ke ponsel Anda. Jika seseorang memiliki akses fisik ke ponsel Anda, mereka dapat menggunakan akun WhatsApp Anda tanpa izin Anda.

Kami menyarankan Anda membagikan saran ini dengan teman dan keluarga untuk membantu mengamankan akun WhatsApp mereka.

Catatan: Jika Anda menerima email untuk mengatur ulang PIN verifikasi dua langkah atau kode registrasi tetapi tidak memintanya, jangan klik tautannya. Seseorang mungkin mencoba mengakses nomor telepon Anda di WhatsApp.


Sumber:

https://faq.whatsapp.com/general/

Demikian artikel 17 Tanya Jawab Seputar Privasi & Keamanan Whatsapp Part 2. Siapa tahu ada yang mau membaca dan mempelajarinya.

Share artikel 17 Tanya Jawab Seputar Privasi & Keamanan Whatsapp Part 2 ini ke teman anda ya?

Sukses



No comments:

Post a Comment