9 Tanya Jawab Tentang Keamanan & Privasi Whatsapp Terbaru

Berikut ini saya mau share  9 Tanya Jawab Tentang Keamanan & Privasi Whatsapp Terbaru siapa tahu bermanfaat. Saya copas dari sumber situs resmi whatsapp https://faq.whatsapp.com/general/. Silahkan simak ya? Share ke teman anda.



9 Tanya Jawab Tentang Keamanan & Privasi Whatsapp Terbaru

Berikut saya mau share tentang 9 Tanya Jawab Tentang Keamanan & Privasi Whatsapp Terbaru barangkali ada yang mau manfaatin.

Sebab saya yakin kita jarang membaca tentang faq whatsapp ini. Misalnya tentang batas pembaharuan whatsapp terakhir pada tanggal 15 mei 2021. Artinya semua pengguna whatsapp wajib melakukan pembaruan sebelum tanggal tersebut.

Kalau misalnya nomor HP yang buat daftar WA sudah terblokir alamat anda tidak akan bisa melakukan pembaruan WA. Sebab setiap pembaruan butuh memasukkan nomor HP.

Makanya harus diantisipasi dari sekarang ya?

Yuk simak 9 Tanya Jawab Tentang Keamanan & Privasi Whatsapp Terbaru part 1. Nanti sambung part 2. Saya copas dari sumber situs resmi WA sbb:


1 Kami memperbarui Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi

Kami melakukan perubahan pada Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi yang terkait dengan perpesanan antara bisnis dan pelanggan mereka di WhatsApp. Kami juga menyediakan informasi lebih lanjut mengenai cara kami mengumpulkan, membagikan, dan menggunakan data.

Komitmen kami terhadap privasi Anda tidak berubah. Percakapan pribadi Anda tetap terlindungi oleh enkripsi end-to-end. Ini berarti tidak seorang pun di luar chat Anda, termasuk WhatsApp atau Facebook, yang dapat membaca atau mendengarkannya.

AAAAAA



2 Apa yang akan terjadi pada tanggal berlakunya pembaruan?

Agar Anda memiliki cukup waktu untuk meninjau perubahan, tanggal berlakunya pembaruan telah kami undur menjadi tanggal 15 Mei 2021. Jika Anda belum menerima pembaruan hingga tanggal tersebut, WhatsApp tidak akan menghapus akun Anda. Namun, Anda tidak akan mendapatkan seluruh fungsionalitas WhatsApp sampai Anda menerima pembaruan. Untuk sementara waktu, Anda akan tetap dapat menerima panggilan dan notifikasi, tetapi Anda tidak akan dapat membaca atau mengirim pesan di WhatsApp.

Anda memiliki beberapa opsi berikut:
  • Anda masih dapat menerima pembaruan ini setelah tanggal 15 Mei 2021.
  • Sebelum tanggal 15 Mei 2021, Anda dapat mengekspor riwayat chat pada Android atau iPhone, dan mengunduh laporan akun Anda. Jika Anda ingin menghapus akun Anda pada Android, iPhone, atau KaiOS, kami berharap Anda mempertimbangkannya kembali. Akun yang telah dihapus tidak dapat kami pulihkan karena penghapusan akun akan menghapus riwayat pesan, mengeluarkan Anda dari semua grup WhatsApp, dan menghapus cadangan WhatsApp Anda.
  • Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengunduh laporan akun atau menghapus akun Anda, silakan hubungi kami di sini. Kebijakan kami terkait pengguna yang tidak aktif akan berlaku secara terpisah.


3 Mengenai fitur-fitur bisnis yang baru dan pembaruan Kebijakan Privasi WhatsApp

Kami ingin memberikan kejelasan bahwa pembaruan ketentuan dan kebijakan privasi baru-baru ini tidak memengaruhi pesan pribadi. Perubahan tersebut berhubungan dengan fitur-fitur bisnis yang bersifat opsional di WhatsApp. Pembaruan ini juga memberikan transparansi lebih lanjut mengenai cara kami mengumpulkan dan menggunakan data.

Hal yang tidak berubah

Privasi dan keamanan untuk pesan pribadi dan panggilan Anda tidak berubah. Pesan dan panggilan tersebut dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Oleh karena itu, WhatsApp maupun Facebook tidak dapat membaca atau mendengarkannya. Kami tidak akan pernah menurunkan tingkat keamanan ini dan kami memberi label enkripsi end-to-end secara jelas pada setiap chat agar Anda mengetahui komitmen kami.

Hal yang berubah
  • Kami bekerja keras untuk memberikan dukungan yang lebih baik kepada 175 juta pengguna yang setiap hari berkirim pesan dengan akun bisnis. Pembaruan ini berhubungan dengan fitur-fitur bisnis yang bersifat opsional, yang merupakan bagian dari rencana kami yang lebih besar untuk menjadikan komunikasi dengan bisnis aman, lebih baik, dan lebih mudah bagi semua pihak. Rencana ini meliputi:

  • Memfasilitasi layanan pelanggan: Orang-orang merasakan manfaat dari chat dengan bisnis, untuk mengajukan pertanyaan, melakukan pembelian, atau memperoleh informasi yang bermanfaat seperti tanda terima pembelian. Kami mempermudah pengguna untuk chat dengan bisnis yang mungkin menggunakan produk bisnis Facebook. Untuk merespons pelanggan, sebagian bisnis memerlukan layanan hosting yang aman, yang rencananya akan ditawarkan oleh Facebook. Ketika bisnis menggunakan layanan ini, kami akan memberi label dengan jelas pada chat, sehingga Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin berkirim pesan dengan bisnis tersebut atau tidak.
  • Menemukan bisnis: Di Facebook atau Instagram, pengguna sering menemukan bisnis dari iklan yang menampilkan tombol yang dapat diklik untuk mengirim pesan ke bisnis dengan menggunakan WhatsApp. Seperti iklan lainnya di Facebook, jika Anda mengeklik iklan ini, cara Anda berinteraksi dengan iklan tersebut mungkin digunakan untuk memersonalisasi iklan yang Anda lihat di Facebook. Sekali lagi, WhatsApp maupun Facebook tidak dapat melihat isi pesan apa pun, karena pesan terenkripsi secara end-to-end.
  • Pengalaman berbelanja: Semakin banyak orang berbelanja secara online. Peningkatan tersebut disebabkan oleh situasi yang terjadi saat ini. Sebagian bisnis yang memiliki toko di Facebook atau Instagram juga dapat memiliki toko di profil bisnis WhatsApp mereka. Ini memungkinkan Anda untuk melihat produk yang ditawarkan bisnis tersebut di Facebook dan Instagram serta berbelanja secara langsung dari toko tersebut di WhatsApp. Jika Anda memilih untuk berinteraksi dengan Facebook Shops, kami akan memberitahukan dari dalam WhatsApp bagaimana data Anda dibagikan dengan Facebook.

4 Menjawab pertanyaan Anda mengenai Kebijakan Privasi WhatsApp

Sehubungan dengan Kebijakan Privasi yang diperbarui baru-baru ini, kami telah menerima banyak pertanyaan dan umpan balik yang ingin kami klarifikasikan. Kami berupaya keras untuk membangun WhatsApp dengan tujuan untuk membantu para pengguna agar dapat berkomunikasi secara privat.

Kami ingin memberikan kejelasan bahwa pembaruan kebijakan tersebut tidak memengaruhi privasi pesan-pesan yang Anda kirim kepada teman atau keluarga, dengan cara apa pun. Perubahan tersebut berhubungan dengan fitur-fitur bisnis yang bersifat opsional di WhatsApp. Pembaruan ini juga memberikan transparansi lebih lanjut mengenai cara kami mengumpulkan dan menggunakan data. Pelajari selengkapnya mengenai fitur-fitur bisnis yang baru dan pembaruan Kebijakan Privasi WhatsApp di sini.


5 Diblokir oleh seseorang


Ada beberapa indikator yang mungkin menunjukkan bahwa Anda mungkin telah diblokir:
Anda tidak dapat lagi melihat terakhir dilihat atau online kontak di layar chat. Pelajari selengkapnya di sini.
  • Anda tidak dapat melihat pembaruan foto profil kontak tersebut.
  • Setiap pesan yang dikirim ke kontak yang telah memblokir Anda akan selalu menampilkan satu tanda centang (pesan terkirim), dan tidak akan pernah menampilkan tanda centang kedua (pesan tersampaikan).
  • Semua panggilan yang Anda lakukan tidak akan terhubung.

Jika Anda melihat semua indikator di atas untuk kontak Anda, dapat kemungkinan mereka telah memblokir Anda. Namun, ada juga beberapa kemungkinan lain. Kami sengaja membuat hal ini ambigu untuk melindungi privasi Anda ketika Anda memblokir seseorang. Oleh sebab itu, kami tidak dapat memberi tahu Anda jika seseorang sedang memblokir Anda.

AAAAAA



6 Tetap aman di WhatsApp

Keselamatan dan keamanan Anda beserta pesan Anda sangat berarti bagi kami. Kami ingin Anda mengetahui tentang sarana dan fitur yang telah kami rancang untuk membantu Anda tetap aman selama menggunakan WhatsApp. Kami juga menyediakan tautan ke beberapa sumber lain yang dapat membantu Anda secara umum tetap aman saat online.

Ketentuan Layanan Kami

Salah satu cara kami membantu Anda tetap aman di WhatsApp adalah melalui Ketentuan Layanan kami. Ketentuan Layanan kami menjelaskan aktivitas yang dilarang di WhatsApp. Misalnya, mengirim konten (di status, foto profil, atau pesan) yang ilegal, cabul, merendahkan, mengancam, mengintimidasi, melecehkan, penuh kebencian, mengandung unsur SARA, menghasut, ataupun mendorong perilaku ilegal atau tidak pantas yang melanggar Ketentuan Layanan kami. Kami akan memblokir pengguna jika kami yakin pengguna tersebut telah melanggar Ketentuan Layanan kami.

Untuk informasi selengkapnya mengenai contoh aktivitas yang melanggar Ketentuan Layanan kami, silakan tinjau bagian "Penggunaan Layanan Kami yang Diperbolehkan" di Ketentuan Layanan kami.

Sarana

Di WhatsApp, kami telah membuat beberapa kendali dasar yang dapat Anda sesuaikan sebagaimana diperlukan untuk membantu Anda melindungi diri sendiri:

Mengendalikan siapa yang dapat melihat informasi Anda

Anda dapat menyetel cap waktu terakhir dilihat, foto profil, dan/atau status ke beberapa opsi berikut:

Semua Orang: Cap waktu terakhir dilihat, foto profil, dan/atau status Anda dapat dilihat oleh semua pengguna WhatsApp.

Kontak Saya: Cap waktu terakhir dilihat, foto profil, dan/atau status Anda hanya dapat dilihat oleh kontak yang ada dalam buku alamat Anda.

Tidak Ada: Cap waktu terakhir dilihat, foto profil, dan/atau status Anda tidak dapat dilihat oleh siapa pun.

Jika Anda mematikan Laporan dibaca, Anda tidak akan mengirim laporan dibaca. Anda juga tidak akan dapat melihat laporan dibaca pengguna lain.

Catatan: Laporan Dibaca akan selalu dikirim untuk chat grup, bahkan jika Anda telah mematikan opsi ini di setelan privasi Anda.

Pelajari mengenai setelan privasi pada: Android | iPhone

Mengendalikan apa yang Anda lihat dan dengan siapa Anda berinteraksi

Anda dapat memblokir kontak tertentu agar tidak berinteraksi dengan Anda melalui WhatsApp. Untuk informasi selengkapnya mengenai cara memblokir/membuka blokir seorang kontak dan mempelajari apa yang terjadi ketika Anda memblokir seorang kontak, silakan tinjau artikel ini.

Mengendalikan apa yang Anda bagikan

Anda juga dapat memutuskan apa yang ingin Anda bagikan dengan kontak Anda di WhatsApp dan kami menganjurkan agar Anda berpikir dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk berbagi sesuatu. Tanyakan kepada diri sendiri: apakah Anda ingin orang lain melihat konten yang Anda kirim?

Harap diketahui bahwa, dalam situasi umum penyediaan layanan kami, kami tidak menyimpan pesan setelah tersampaikan. Untuk membantu memastikan keselamatan, kerahasiaan, dan keamanan pesan yang Anda kirim, kami tidak menyimpan pesan tersebut setelah tersampaikan melalui WhatsApp.

Namun, ketika Anda membagikan chat, foto, video, file, atau pesan suara dengan orang lain di WhatsApp, mereka akan memiliki salinan pesan tersebut. Mereka juga memiliki kemampuan untuk membagikan lagi pesan tersebut dengan orang lain di dalam atau di luar WhatsApp.

WhatsApp juga memiliki fitur lokasi yang dapat Anda gunakan untuk berbagi lokasi terkini Anda melalui pesan WhatsApp. Anda sebaiknya hanya membagikan lokasi dengan orang yang Anda percayai.

Fitur keselamatan dan keamanan lanjutan

Melaporkan masalah ke WhatsApp

Anda dapat mengirim laporan ke WhatsApp dengan menghubungi kami dari dalam aplikasi.
  • Pada Android: Buka WhatsApp > ketuk Opsi lainnya > Setelan > Bantuan > Hubungi kami.
  • Pada iPhone: Buka WhatsApp > Pengaturan > Bantuan > Hubungi Kami.

Mohon berikan informasi selengkap mungkin.

Penting: Jika Anda merasa diri Anda atau orang lain sedang berada dalam bahaya emosional atau fisik, mohon hubungi aparat penegak hukum setempat yang berwenang. Mereka dapat membantu Anda dengan lebih baik dalam situasi ini.

Kami menganjurkan Anda untuk melaporkan konten bermasalah kepada kami. Harap diperhatikan bahwa untuk membantu memastikan keselamatan, kerahasiaan, dan keamanan pesan Anda, kami umumnya tidak memiliki konten pesan, sehingga membatasi kemampuan kami dalam memverifikasi laporan Anda dan mengambil tindakan.

Ketika diperlukan, Anda dapat mengambil tangkapan layar dari konten tersebut dan membaginya dengan aparat penegak hukum yang terkait, beserta informasi kontak apa pun yang tersedia.

Pelaporan

Ketika Anda menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal untuk pertama kalinya, Anda akan diberi opsi untuk melaporkan nomor tersebut secara langsung dari dalam chat.

Anda juga dapat melaporkan kontak atau grup dari informasi profil mereka dengan menggunakan langkah berikut ini:
  • Buka chat.
  • Ketuk nama kontak atau grup untuk membuka informasi profil mereka.
  • Gulir ke bawah, lalu ketuk Laporkan kontak atau Laporkan grup.

Setelah dilaporkan, WhatsApp menerima pesan-pesan terbaru yang dikirim kepada Anda oleh pengguna atau grup yang telah dilaporkan, serta informasi mengenai interaksi terbaru Anda dengan pengguna tersebut.

Pemblokiran

Kami dapat memblokir akun jika kami yakin bahwa aktivitas akun tersebut telah melanggar Ketentuan Layanan kami. Sesuai dengan Ketentuan Layanan, kami dapat mempertahankan hak untuk memblokir Anda tanpa pemberitahuan. Perlu diketahui bahwa laporan mengenai perilaku pengguna yang telah melanggar Ketentuan Layanan kami belum tentu membuat kami memblokir atau melakukan tindakan lain terhadap pengguna tersebut.

Harap tinjau bagian "Penggunaan Layanan Kami yang Diperbolehkan" dari Ketentuan Layanan kami dengan saksama untuk mempelajari selengkapnya mengenai penggunaan WhatsApp yang patut dan aktivitas yang melanggar Ketentuan Layanan kami.

Spam dan Hoaks

Kami berupaya sebaik mungkin untuk mengurangi pesan spam yang masuk melalui sistem kami. Menciptakan ruang yang aman bagi para pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain adalah prioritas kami. Akan tetapi, sama halnya dengan SMS atau panggilan telepon biasa, adalah mungkin bagi pengguna WhatsApp lain yang memiliki nomor telepon Anda untuk menghubungi Anda. Oleh karena itu, kami ingin membantu Anda mengidentifikasi dan mengatasi pesan spam dan hoaks.

Pesan spam dan hoaks mungkin datang dari kontak Anda ataupun di luar kontak Anda. Pesan seperti ini menyebarkan informasi palsu dan dirancang untuk menipu dan meminta Anda melakukan tindakan tertentu. Jika Anda menerima pesan yang mencurigakan atau terlalu muluk, jangan mengetuk, membagi, ataupun meneruskan pesan tersebut.

Waspadalah terhadap pesan yang:
  • Mengandung kesalahan ejaan atau tata bahasa
  • Meminta Anda untuk mengetuk tautan
  • Meminta Anda untuk membagikan informasi pribadi Anda (seperti nomor kartu kredit dan rekening bank, tanggal lahir, kata sandi, dll.)
  • Meminta Anda untuk meneruskan pesan
  • Meminta Anda untuk mengeklik tautan untuk "mengaktifkan" fitur baru
  • Menyatakan bahwa Anda harus membayar untuk menggunakan WhatsApp (WhatsApp adalah aplikasi gratis. Kami tidak akan pernah meminta Anda membayar untuk menggunakan WhatsApp dan Anda tidak harus melakukan apa pun untuk menggunakan WhatsApp secara gratis.)

Apa yang harus dilakukan

Jika Anda menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal, Anda akan diberi opsi untuk melaporkan nomor tersebut ke WhatsApp secara langsung dari dalam aplikasi.

Jika Anda telah menerima spam dari kontak, hapus pesan tersebut dan jangan mengeklik tautan apa pun atau memberikan informasi pribadi. Informasikan kepada kontak tersebut bahwa pesan yang mereka kirim adalah spam dan arahkan mereka ke halaman keamanan WhatsApp ini.

Anda juga dapat mengirim laporan ke WhatsApp dengan menghubungi kami dari dalam aplikasi.

Sumber tambahan

Jika Anda merasa bahwa diri Anda atau orang lain sedang berada dalam bahaya darurat, silakan hubungi layanan darurat setempat.

Jika Anda menerima konten dari seseorang yang ingin menyakiti diri mereka sendiri dan Anda mengkhawatirkan keselamatan mereka, mohon hubungi layanan darurat setempat atau nomor hotline pencegahan bunuh diri.

Jika Anda menerima atau menemukan konten yang mengindikasikan adanya penganiayaan atau eksploitasi anak, silakan hubungi Pusat Nasional untuk Anak Hilang dan Tereksploitasi (National Center for Missing and Exploited Children - NCMEC).

AAAAAA



7 Melihat "Menunggu pesan ini. Ini mungkin membutuhkan waktu beberapa saat."


Kadang kala, Anda mungkin melihat pesan di atas sebelum menerima pesan yang dikirim kepada Anda dari seorang kontak. Oleh karena enkripsi end-to-end, Anda mungkin perlu menunggu pesan dari seseorang untuk tiba karena telepon pengguna tersebut perlu kembali online dan mengenkripsi pesan dengan benar untuk Anda. Hal ini umumnya terjadi jika Anda atau pengguna yang sedang chat dengan Anda telah memasang ulang WhatsApp baru-baru ini.

Untuk mempercepat proses ini, Anda dapat meminta pengguna tersebut untuk membuka WhatsApp pada teleponnya.Untuk informasi selengkapnya mengenai enkripsi end-to-end, silakan baca buku putih kami dan artikel ini.


8 Apa artinya "Grup ini telah ditutup"?

WhatsApp mempertahankan teknologi pembelajaran mesin yang canggih untuk mengevaluasi informasi grup termasuk nama, foto profil, dan deskripsi grup. Sebagai tambahan, kami menyediakan opsi sederhana bagi pengguna untuk membuat laporan kepada kami dari chat mana pun.

Untuk memenuhi kewajiban kami yang ditentukan oleh hukum AS terkait dengan organisasi teroris tertentu, kami mencegah chat grup untuk mempertahankan representasi tertentu, seperti menggunakan nama grup tertentu.

Jika WhatsApp telah mengambil tindakan untuk menutup grup, peserta tidak lagi dapat mengirim pesan ke grup tersebut.

Selain itu, kami dapat melarang admin grup tersebut untuk menggunakan WhatsApp sama sekali.


9 Informasi untuk Otoritas Penegak Hukum

Mengenai WhatsApp

WhatsApp menyediakan layanan bertukar pesan, panggilan Internet, dan lainnya untuk pengguna di seluruh dunia. Anda dapat mempelajari selengkapnya mengenai WhatsApp dengan mengunjungi Pusat Bantuan kami.

WhatsApp menghargai kerja keras yang dilakukan lembaga penegak hukum untuk menjaga keamanan orang-orang di seluruh dunia. Kami siap untuk secara hati-hati meninjau, memvalidasi dan merespons permintaan penegak hukum berdasarkan hukum dan kebijakan yang berlaku.

Panduan operasional berikut diperuntukkan bagi aparat penegak hukum yang meminta catatan dari WhatsApp. Pengguna yang memerlukan informasi mengenai akun mereka sendiri dapat mengakses fitur Meminta Info Akun WhatsApp. Informasi ini dapat berubah setiap saat.

Merespons Permintaan Penegak Hukum

Selain panduan ini, aparat penegak hukum juga dapat menghubungi WhatsApp untuk mengajukan pertanyaan atau dalam situasi darurat seperti yang dijelaskan di bawah ini. Untuk menjamin respons yang tepat waktu, mohon jangan kirim pertanyaan penegak hukum ke Dukungan WhatsApp atau jalur lain yang tidak ditujukan untuk penegakan hukum.

A.S. Persyaratan Proses Hukum

Kami mengungkapkan catatan akun semata-mata sesuai dengan ketentuan layanan kami dan hukum yang berlaku, termasuk Undang-Undang Komunikasi Tersimpan atau Stored Communications Act federal ("SCA"), 18 U.S.C. Bab 2701-2712. Berdasarkan hukum A.S.:
  • Panggilan dari pengadilan yang valid dikeluarkan sehubungan dengan penyelidikan kriminal resmi dibutuhkan untuk memaksa pengungkapan catatan dasar pelanggan (dijelaskan dalam 18 U.S.C. Bab 2703(c)(2)), yang dapat meliputi (jika ada): nama, tanggal memulai layanan, tanggal terakhir dilihat, alamat IP, dan alamat email.
  • Perintah pengadilan yang dikeluarkan berdasarkan 18 U.S.C. Bab 2703(d) dibutuhkan untuk memaksa pengungkapan catatan tertentu atau informasi lain yang berkenaan dengan akun, tidak termasuk konten komunikasi, yang dapat mencakup pemblokiran nomor atau diblokir oleh pengguna, selain catatan dasar pelanggan yang diidentifikasi di atas.
  • Surat izin menggeledah yang dikeluarkan berdasarkan prosedur yang diuraikan dalam Federal Rules of Criminal Procedure atau prosedur penggeledahan negara bagian yang ekuivalen berdasarkan ditunjukkannya penyebab yang mungkin dibutuhkan untuk memaksa pengungkapan konten yang disimpan oleh akun mana pun, yang mungkin mencakup informasi “mengenai”, foto profil, informasi grup, dan buku alamat, jika ada Dalam menyediakan layanan kami yang biasa, WhatsApp tidak menyimpan pesan setelah pesan tersebut dikirim atau log transaksi dari pesan yang telah dikirim tersebut, dan pesan yang tidak terkirim akan dihapus dari server kami setelah 30 hari. WhatsApp menawarkan enkripsi end-to-end untuk layanan kami, yang selalu diaktifkan.
  • Kami menafsirkan ketentuan surat keamanan nasional sebagaimana diterapkan pada WhatsApp untuk meminta pengeluaran hanya dua kategori informasi: nama dan lamanya layanan.
AAAAAA



Persyaratan Proses Hukum Internasional

Kami mengungkapkan catatan akun semata-mata sesuai dengan ketentuan layanan kami dan hukum yang berlaku. Selain itu, kami akan mengkaji apakah permintaan tersebut konsisten dengan standar yang diakui secara internasional termasuk hak asasi manusia, proses hukum yang adil, dan prinsip hukum. Mutual Legal Assistance Treaty (Perjanjian Bantuan Hukum Timbal Balik) atau surat rogatori mungkin diperlukan untuk memaksa pengungkapan konten sebuah akun.

Pemeliharaan Akun

Kami akan mengambil langkah-langkah untuk menyimpan catatan akun sehubungan dengan penyelidikan kriminal resmi selama 90 hari sambil menunggu proses hukum formal. Anda dapat dengan cepat mengirimkan permintaan pemeliharaan formal melalui Sistem Permintaan Online Penegakan Hukum WhatsApp seperti ditunjukkan di bawah ini.

Permintaan Darurat

Dalam merespons masalah yang melibatkan bahaya yang akan menimpa seorang anak atau risiko kematian atau cedera fisik serius terhadap siapa pun dan memerlukan pengungkapan informasi tanpa penundaan, seorang aparat penegak hukum dapat mengajukan permintaan melalui Sistem Permintaan Online Penegakan Hukum WhatsApp. Untuk mempercepat pemrosesan permintaan seperti ini, kami sarankan Anda mencantumkan kata “DARURAT” di baris subjek pesan Anda.

Catatan: Kami tidak akan meninjau atau merespons permintaan yang diajukan oleh selain aparat penegak hukum. Silakan kirim permintaan darurat dari alamat email resmi yang dikeluarkan pemerintah. Pengguna yang menyadari adanya situasi darurat harus segera menghubungi penegak hukum setempat secara langsung.

Masalah Keamanan Anak

Kami melaporkan semua contoh eksploitasi anak yang muncul di layanan kami dari mana saja di seluruh dunia ke Pusat Nasional untuk Anak Hilang dan Tereksploitasi atau National Center for Missing and Exploited Children (NCMEC), termasuk konten yang menjadi sorotan kami dengan adanya permintaan pemerintah. NCMEC berkoordinasi dengan Pusat Internasional untuk Anak Hilang dan Tereksploitasi (International Centre for Missing and Exploited Children) dan otoritas penegak hukum dari seluruh dunia Jika permintaan berhubungan dengan eksploitasi anak atau masalah keselamatan, harap sebutkan keadaan tersebut dalam permintaan dan sertakan pengidentifikasi laporan NCMEC yang relevan untuk memastikan bahwa kami dapat menangani masalah ini secara cepat dan efektif.

Retensi dan Ketersediaan Data

Kami akan mencari dan mengungkapkan informasi yang ditentukan secara khusus dalam bentuk proses hukum yang sesuai dan yang dapat kami temukan dan dapatkan secara wajar. Kami tidak menyimpan data untuk tujuan penegakan hukum, kecuali kami menerima permintaan preservasi yang valid sebelum pengguna menghapus konten tersebut dari layanan kami.

Dalam menyediakan layanan kami yang biasa, WhatsApp tidak menyimpan pesan setelah pesan tersebut dikirim atau log transaksi dari pesan yang telah dikirim tersebut. Pesan yang tidak terkirim akan dihapus dari server kami setelah 30 hari Sebagaimana dinyatakan dalam Kebijakan Privasi WhatsApp, kami dapat mengumpulkan, menggunakan, menyimpan, dan berbagi informasi pengguna jika kami memiliki keyakinan iktikad baik bahwa sangat diperlukan untuk (a) menjaga keamanan pengguna kami, (b) mendeteksi, menyelidiki, dan mencegah aktivitas ilegal, (c) merespons proses hukum, atau permintaan pemerintah, (d) menegakkan Persyaratan dan kebijakan kami. Ini mungkin termasuk informasi tentang bagaimana beberapa pengguna berinteraksi dengan orang lain di layanan kami. Kami juga menawarkan enkripsi end-to-end untuk layanan kami, yang selalu diaktifkan. Enkripsi end-to-end berarti berarti bahwa pesan dienkripsi untuk melindunginya dari WhatsApp dan pihak ketiga sehingga mereka tidak dapat membacanya. Informasi tambahan mengenai keamanan WhatsApp dapat ditemukan di sini.

Bentuk Permintaan

Kami tidak akan dapat memproses permintaan yang terlalu luas atau tidak jelas. Semua permintaan harus mengidentifikasi catatan yang diminta dengan kekhususan dan menyertakan yang berikut:
Nama otoritas yang mengeluarkan permintaan, nomor lencana atau identitas petugas yang bertanggung jawab, alamat email dari domain penegakan hukum dan nomor telepon kontak langsung
Nomor akun WhatsApp, termasuk kode negara yang berlaku

Informasi selengkapnya mengenai kode negara tersedia di artikel ini.

Persetujuan Pengguna

Jika seorang aparat penegak hukum meminta informasi tentang pengguna WhatsApp yang telah memberikan persetujuan kepada aparat tersebut untuk mengakses atau mendapatkan informasi akun pengguna, pengguna harus diarahkan untuk mendapatkan informasi itu sendiri dari akun mereka. Pengguna dapat mengakses fitur Meminta Info Akun WhatsApp.

Pemberitahuan

WhatsApp berhak untuk memberi tahu orang yang menggunakan layanan permintaan kami untuk mendapatkan informasi mereka sebelum pengungkapan, kecuali kami dilarang oleh hukum untuk melakukannya atau dalam keadaan luar biasa, seperti kasus eksploitasi anak, keadaan darurat atau ketika pemberitahuan akan menjadi kontraproduktif.

Kesaksian

WhatsApp tidak menyediakan dukungan kesaksian ahli. Selain itu, catatan WhatsApp mengotentikasi diri sesuai dengan hukum dan seharusnya tidak memerlukan kesaksian dari penjaga catatan. Jika diperlukan bentuk sertifikasi khusus, silakan lampirkan ke permintaan catatan Anda.

Penggantian Biaya

Kami dapat meminta penggantian biaya dalam merespons permintaan informasi sebagaimana ditentukan oleh hukum. Biaya ini diterapkan per akun. Kami mungkin juga mengenakan biaya tambahan untuk biaya yang timbul dalam merespons permintaan yang tidak biasa atau memberatkan. Kami dapat menghapuskan biaya ini dalam perkara yang berkaitan dengan potensi membahayakan anak-anak, WhatsApp, dan pengguna kami serta permintaan darurat.

Pengajuan Permintaan

Online

Aparat penegak hukum dapat menggunakan Sistem Permintaan Online Penegakan Hukum untuk pengajuan, pelacakan, dan pemrosesan permintaan. Diperlukan alamat email yang dikeluarkan pemerintah untuk mengakses Sistem Permintaan Online Penegakan Hukum.

Aparat penegak hukum yang meminta catatan akun dari WhatsApp harus mengirimkan permintaan mereka ke WhatsApp Inc.

Alamat

Attn: WhatsApp Inc., Law Enforcement Response Team

WhatsApp Inc.
1601 Willow Road
Menlo Park, California 94025
United States of America

Aparat penegak hukum yang tidak mengajukan permintaan melalui Sistem Permintaan Online Penegakan Hukum harus mengantisipasi waktu respons yang lebih lama. Mengirim permintaan baik secara elektronik maupun melalui salinan dalam bentuk cetak juga dapat memperlama waktu pemrosesan.

Catatan:

Penerimaan proses hukum dengan cara-cara ini adalah untuk kenyamanan dan tidak mengabaikan keberatan, termasuk kurangnya yurisdiksi atau layanan yang tepat.
Kami tidak akan merespons korespondensi yang dikirim oleh selain aparat penegak hukum ke alamat di atas.

Pembaruan Panduan

WhatsApp dapat memperbarui informasi ini secara berkala. Silakan baca panduan sebelum mengajukan permintaan apa pun.

Bersambung

Sumber:

https://faq.whatsapp.com/general/

Demikian artikel 9 Tanya Jawab Tentang Keamanan & Privasi Whatsapp Terbaru siapa tahu bermanfaat. Share ke teman anda ya?

Sukses




No comments:

Post a Comment